MENGELOLA DIRI DENGAN HOB1 By DAFFA ADZIKRA


Hampir semua memiliki hobi. Meskipun terlihat sepele, hobi merupakan aspek yang cukup penting dalam hidup kita. Menyalurkan hobi dapat menciptakan suasan rileks dari menemukan hobi, secara tidak langsung kita sudah menemukan apa yang menjadi passion kita.
   Berkat hobi, pikiran menjadi lebih segar dan jernih. Dengan demikian,pikiran kita akan terbebas dari berbagai masalah. Kita bisa melakukan hobi untuk untuk sejenak melakukan hal buruk atau kegagalan yang kita alami.
   Inilah berbagai hobi yang dapat kita lakukan untuk mengisi waktu luang agar lebih bermanfaat.
A. traveling
  Banyak destinasi dan tempat-tempat eksotis yang dapat dikunjungi banyak diantaranya yang masih tersembunyi. Bahkan, untuk berkeliling dan mengunjungi tempat indah di indonesia akan menghabiskan sebagian besar hidup kita.
   Indinesia memiliki pulau terbanyak di dunia, yaitu 18.306. Ada 7.870 pulauyang sudah diberi nama dan ada 9.634 pulau yang belum diberi nama. Contoh tempat wisata yang dapat menjadi tempat traveling di Indonesia.
1. taman safari, pandaan-Jawa Timur.
2. kawah ijen.
3. jatim park 1-3.
4. candi Borobudur.
B. Membaca
   Sebagian besar orang menyukai orang yang cerdas dari pada casing (tampilan luar) –nya saja. Orang yang gemar membaca pun mempunyai banyak solusi jika berhadapan dengan berbagai masalah. Hal ini menjadikan membaca termasuk aktivaitas yang mampu menutrisi otak dan meningkatkan kualitas diri seseorang.
   Buku mampu menjadi sumber wawasan, seperti ilmu pengetahuan ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, otak akan terjaga, bahkan meningkatkan kemampuan.
   Berikut manfaat dari membaca:
1. menstimulasi otak dan mencerdaskan
2. mengurangi stres
3. menambah wawasan
4. menambah kosa kata
5. meningkatkan kualitas memori
6.melatih keterampilan
7. meningkatkan fokus dan konsentrasi
8. menulis dengan baik
9. memperluas pemikiran seseorang
10. meningkatkan hubungan sosial
B. Menulis
  Pada zaman sekarang, hampir semua orang bisa membacadan menulis. Di era digital ini banyak orang yang memiliki hobi menulis, sayangnya merekamenulis di media sosial.
  Hobi menulis berbanding lurus dengan hobi membaca. Menulis juga menambah wawasan kita. Dengan menulis kita dapat mengarang suatu karangan misalnya buku, cerita atau yang lainnya. Berikut manfaat dari menulis:
1. membuat kebih bahagia
2. menambah kemampuan berkomunikasi
3. meningkakatkan kecerdasan
4. produktif
5. memberi motivasi
6. lebih ekspresif
7 sumber penghasilan






Posting Komentar

0 Komentar