MEWARNAI PERADABAN DENGAN TULISAN

Menikmati hari-hari dengan buku, membaca, menulis,  bahkan menjadi seorang penulis  tidak pernah terbayangkan sama sekali. SALAM LITERASI yang digaungkan oleh Bapak Mentri Pendidikan dan Kebudayaan kepada guru dan siswa seluruh sekolah di Indonesia hanya menjadi slogan semata. Hanya sebatas kata dan motivasi seorang guru kepada siswa. Dalam prakteknya saya belum memahami betul makna dan implementasi dari sebuah literasi. Menulis ibarat menuangkan tinta ke dalam lembaran-lembaran putih agar terangkai sebuah kata dan makna dan bisa dinikmati oleh pembaca. Tintanya adalah membaca. Bagaimana mungkin kita mampu menggoreskan kata dalam sebuah kata tanpa sebuah tinta ?
Seorang guru dituntut mampu mencetak generasi penerus yang mempunyai wawasan yang luas, gaya berkomunikasi yang baik, dan mampu mewarnai peradaban dengan sebuah karya. Dan itu semua bisa didapat apabila  mempunyai literasi yang baik. Dalam WikipediA, makna literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa. Bagaimana seorang guru mampu mencetak generasi literasi yang baik apabila dalam dirinya belum mempunyai kompetensi tersebut ?
Ada sebuah nasihat yang mengatakan “ Buku adalah gudang ilmu “. Salah satu manfaat dari menulis adalah seseorang bisa dikenal melalui karyanya. Umur dibatasi usia, namun karya akan hidup selamanya. Sekarang yang ada di dalam benak saya adalah apa yang harus saya lakukan , saya memulai dari mana , apa yang saya berikan kepada siswa saya ?.  Saya teringat pesan dari seorang motivator, ”mulai saja dulu, mulai dari saat ini. Sekarang dan jangan pernah menunda “. Dari sini saya mulai untuk mencoba menuliskan hal-hal sederhana dari apa yang saya lihat, saya rasakan, dan saya fikirkan, selanjutnya publish ke media sosial. Saya berharap bisa menjadikan buku, membaca, dan menulis sebagai teman keseharian bahkan tempat hiburan yang mampu membuka cakrawala berfikir dan memperluas pengetahuan. Selanjutnya berharap mampu meramaikan dan mewarnai peradaban dengan sebuah tulisan.
#60HMB
#MOTIVASIMENULIS


Posting Komentar

0 Komentar