SEPENGGAL KATA DARI KAMI " oleh : Tim Pendamping Banyuwangi

Assalamualaikum.
Bismillah.
ALhamdulillah, kegiatan WBT Banyuwangi yang dilakukan selama 5 hari mulai hari Ahad - kamis tanggal 16-20 februari 2020 telah berakhir.

Harapan kami, kegiatan ini tidak hanya sekedar wisata, namun menjadi sebuah pengalaman pembelajaran yang bermakna kepada siswa, serta memperoleh ketrampilan baru dalam hal bersosial, berkomunikasi, dan kepekaan terhadap lingkungan.

Sebuah tujuan pembelajaran tidak akan bermakna dan tercapai, jika tanpa ada nilai hikmah dan karakter didalamnya, sekali lagi kami berharap pada Allah, dengan kesungguhan belajar dan ketekunan pada anak2 didik kami, kegiatan harian yg dilakukan mulai dari pagi sampai malam dengan aktivitas yang begitu padat, bangun tahajud disepertiga malam, tilawah 1 juz setiap hari ,maktsurot, eksplorasi dll, Kami nengharap Ridlo dan karunia Allah semoga menurunkan secuil ilmu dan hidayah kepada kami dan anak didik kami untuk bisa melihat keagunganNYA dan semakin mampu mendekatkan diri kepadaNya.

Adalah bagian dari sebuah pembelajaran literasi siswa, mampu menceritakan kembali apa saja yang telah dialami kepada ayah bunda, mungkin ada yg masih lelah, sehingga hari ini masih tidur pulas, atau enggan beraktivitas apa-apa, tapi ketauilah ayah bunda, kami selaku pendamping kegiatan di sana menjadi saksi perjuangan ananda untuk bisa memgikuti kegiatam ini dengan maksimal. Bangun jam 2 malam, untuk antri mandi, dengan harapan tidak telat mengikuti kegiatan hari itu, karena jam 06.30 harus sudah siap berangkat, apabila tidak siap maka siap2 menerima Punishment dari para pendamping. Mengerjakan LKS disela2 waktu istirahat mereka, setelah kegiatan, dan sebelum tidur, bahkan bangun tidur yang dipegang adalah LKS. Masya Allah, sebenarnya hati ini tak tega untuk benar2 memberikan aturan yg ketat kepada ananda, tetapi kami berharap, dengan seperti ini kami mampu menanamkan karakter disiplin, daya juang tangguh, dan mental bekerja keras pada siswa.

Kami mewakili para guru, memohon maaf yg sebesar-besarnya jikalau ada sedikit kata2 kami yang agak keras, hukuman yang kami berikan apabila ada pelanggaran, sikap kami yang kurang berkenan bagi ananda, tapi dengan hati yang paling dalam kami sampaikan, itu adalah bentuk kasih sayang kita kepada ananda agar bisa memperbaiki diri dan menjadi lebih baik kedepanya.Pada angkatan ini kami merasa bahagia dan terbantu dengan sikap kooperarif para siswa,anak2 sangat patuh pada aturan, walaupun ada satu dua siswa yg kadang2 membuat kami harus berkata agak keras, tapi kami merasa senang dan bahagia  bisa mendampingi dan membersamai ananda selama 5 hari ini.

Kami ingat pesan Bapak bupati Azwar Anas dalam sambutanya, jika ingin sukses maka lakukanlah 5 hal :
1. Belajar bersungguh-sungguh
2.Jangan tinggalkan sholat berjamaah
3. Berbakti kepada orang tua
4. Bersedekah
5. Berbakti pada guru

Semua pesan itu sudah terlaksanakan dalam kegiatan ini, kesungguhan belajar dg menuntaskan seluruh tugas dalam LKS, selalu berjamaah 5 waktu, patuh pada orang tua dan guru, serta memberikan sedekah bingkisan pada suku osing di kemiren.
Semoga kegiatan WBT Banyuwangi ini mampu membuka cakrawala berfikir siswa untuk menentukan langkah yang terbaik di masa depan. Aamiin

#60HMB
#WBTBWI

Posting Komentar

0 Komentar