MEMBANGUN KARAKTER DENGAN BERAKHLAK BAIK BY ASADEL



Setiap manusia di dunia ini pasti mempunyai sifat baik dan buruk. Kadang kita selalu berbuat benar, kadang selalu berbuat salah. Di dalam diri kita biasanya yang membuat kita melakukan hal kebaikan ialah malaikat dan hal yang membuat kita melakukan hal keburukan ialah jin. Mereka bertarung di dalam tubuh kita untuk melakukan sesuatu. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan betapa pentingnya dan manfaat memiliki akhlak yang baik.
Bila kita memiliki suatu kebiasaan yang seharusnya dijaga  maka harus di kembangkan agar bisa menjadi lebih baik di masa mendatang, bila suatu kebiasaan itu bukan kebiasaan yang harus di jaga maka sebaiknya jangan di kembangkan, sebab bila di kembangkan hidupmu tidak akan berjalan lancar sesuai rencana hidup anda. Contoh saat adzan subuh sudah berkumandang sebaiknya kita langsung bangun dan beranjak ke tempat wudhu lalu pergi ke masjid. Bila anda tidak bisa melawan kantuk dan kelelahan, itu berarti anda membiarkan jin berkuasa di dalam tubuhmu, oleh karenanya bisa membuat anda berdosa karena tidak menjalankan ibadah tersebut, seperti diketahui sholat fardhu adalah sholat yang wajib.

Manfaat memiliki akhlak yang baik yaitu bisa membuat hidup anda sukses, kebiasaan baik selalu tetap terjaga dan memilki hidup yang bermakna.
Intinya setiap orang bisa mengembangkan akhlaknya dengan cara beristiqomah setiap saat, setiap hari, setiap waktu dan dimana saja pasti hidupnya lancar dan sangat berarti buat diri sendiri juga orang yang anda sayangi.

Seperti yang diriwayatkan dari hadits Nabi tentang Akhlaqul karimah :

عَنْ ابنِ مَسْعُوْدٍ رضيَ اللهُ عنه قال:قال رسول الله صلى الله عليه وسلم عليكم بالصدق, فإن الصِّدْقَ يَهْدِي إلَى البِرِّ، وَإنَّ البِرَّ يَهْدِي إلى الجَنَّة، وما يزال الرجل يصدق, ويتحرى الصدق حَتَّى يَكْتُبَ عِنْدَ اللهِ صديقا. وايكم والكذب فإن الكذب يَهْدِي إلى الفُجُوْرِ, وَإِنَّ الفُجُوْرَ يَهْدِي إلى النارِ، وما يزال الرجل يكذب, ويتحرى الَيَكْذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابًا (متفق عليه)

Artinya:
“Dari Ibnu Mas’ud RA., bahwa Rasulullah saw., bersabda, “hendaklah kalian selalu melakukan kebenaran karena kebenaran akan menuntun ke surga. Jika seseorang selalu berbuat benar dan bersungguh-sungguh dengan kebenaran, ia akan ditulis di sisi Allah sebagai orang yang sangat benar. Jauhkanlah dirimu dari bohong karena bohong akan menuntun kepada kedurhakaan dan durhaka itu menuntun ke neraka. Jika seseorang selalu berbohongdan bersungguh-sungguh dengan kebohongan, ia akan di tulis di sisi Allah sebagai orang yang sangat pembohong.” (Muttafaq ‘alaih)





Posting Komentar

0 Komentar