MENGUBAH SAMPAH PLASTIK MENJADI KERAJINAN YANG UNIK by Chesta Dzaki



     Sampah plastik   adalah sampah yang sangat sulit terurai, maka dari itu kita harus mengetahui cara agar sampah plastik berkurang. Salah satunya adalah mengubahnya menjadi kerajinan yang sangat unik. Kita harus bisa memikirkan sesuatu yang kreatif agar bisa mengubahnya menjadi kerajinan yang sangat unik dan menakjubkan. Kerajinan itu bisa juga untuk dijual atau dipajang di rumah.
Perlu kalian ketahui, berdasarkan penilitian pada awal tahun ini, ternyata Indonesia menempati urutan nomor dua dalam daftar negara paling banyak membuang sampah plastik dilautan
Padahal kalau kita perhatikan, dalam keseharian kita tentu tak pernah lepas dari penggunaan plastik, baik berupa kantong plastik atau pun wadah atau kemasan makan.
Salah satu solusi cerdas dalam mengenai masalah ini adalah dengan melakukan daur ulang menjadi kerajinan dari botol plastik. yaitu memanfaatkan dan mengolah kembali sampah plastik menjadi suatu benda atau kerajinan yang berguna bagi kehidupan kita.
Kalian bisa dengan mudah mengolah botol botol plastik itu menjadi berbagi macam benda atau barang dengan menggunakan peralatan sederhana dan proses pembuatannya juga mudah. Misalnya membuat botol plastik menjadi tempat atau wadah penyimpanan, diantar beragam jenis sampah yang dihasilkan oleh industri rumah tangga, sampah plastik ini merupakan salah satu jenis sampah yang paling sulit untuk diuraikan oleh alam. Sehingga butuh waktu yang lama, bahkan bisa sampai ratusa tahun lamanya untuk bisa terurai secara alami.tapi dari pada saling menyalahkan baerbagai pihak mengenai permasalahan lingkungan ini, alangkah lebih baik jika mulai dari diri kita sendiri, terutama bagi yang menumpuk di tempat sampah.                                                                                           
Harga sampah pelastik yang polos cenderung lebih tinggi daripada samoah plastik yang berwarna. Namun, konsumsi manusia modrn menghaslkan sampah plastik dengan beragam warna dan dilapisi alumunium foil yang kadangkala sama sekali tidak mempunyai harga jual kembali oleh pengepul sampah sampah-sampah jenis ini kemudian hanya berakhir sebagai limbah dimana kebanyakan cara penyelasaiannua adalah dengan cara di kubur atau di bakar. Pembakaran sampah pelastik akan menghasilkan racun yang berbahaya bagi manusia yang menghirupnya.
Permasalahan sampah plastik berwarna ini disikapi oleh masyarakat dengan mengolah sampah plastik berwarna menjadi produk kerajinan yang kreatif. Produk kerajinan tersebut dijual dengan harga yang terjangkau, mulai dari 5.000 hingga 100.000 rupiah, tergantung pada model, bentuk dan jenis dari kerajinan tersebut.

Berikut adalah contoh lain yang dibuat oleh pelastik  bekas
1.           Baju Bekas bungkus detergent
baju pelastik yang berhasil dibuat para kader bank sampah dalah salah satu produk ini. Baik perancangan busana, mereka membuat sebuah baju mewah tak mengesankan jika baju tersebut dibuat dari plastik bekas pembungkus deterjen dan pembungkus makanan.
2.           Sendok plastik menjadi lampu
Merasa bingung melihat banyak sendok plastik bekas yang sudah tidak layak pakai, jangan buang dulu. Kamu bisa mengumpulkan sendok plastik bekas tersebut untuk dimanfaatkan dalam pembuatan lampu yang artsy . dari pada mubazir, kamu bisa membuat sendok plastik menjadi kerajinan dari barang bekas yang bernilai seni dan bernilai jual.
3.           Botol bekas menjadi dompet
banyak kerajinan dari barang bekas yang bisa kamu buat dari bahan botol, baik botol plastik maupun botol kaca. Kamu bisa membuat dompet dengan menambahkan lukisan untuk menghias botol, atau memanfatkan botol plastik bekas untuk membuat dompet koin.



               

Posting Komentar

0 Komentar