Wariskan Generasi Hidroponik Pada Setiap Angkatan

Dok. Siswa SMP IT Insan Kamil melakukan pengukuran larutan kepekatan nutrisi yang terlarut dalam air

SMPIT Insan Kamil Sidoarjo melakukan budidaya tanaman dengan teknik hidpronik di sekolah. Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk mengedukasi peserta didik agar mampu memanfaatkan lahan yang terbatas. Diawali dengan hal-hal yang sederhana, ngobrol bareng siswa diwaktu luang, Imam selalu mengajarkan pada siswa bahwa hidroponik itu simple, mudah dilakukan dan mampu membentuk karakter.
            Disela-sela kegiatan belajar mengajar, Imam dan beberapa siswa yang tergabung dalam komunitas KOPLING selalu menyempatkan waktu luangnya di jam istirahat sekolah untuk belajar bersama bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik. Para siswa lebih sering praktek dari pada ribet dengan teori,” ungkap Imam selaku pendiri komunitas KOPLING (Komunitas Pecinta Lingkungan).  Semai, meracik nutrisi, mengontrol media supaya tidak kering, serta mengontrol keasaman air supaya tanaman tumbuh subur dilakukan dalah kegiatan yang dilakukan siswa setiap harinya.

            Menyemai benih tanaman itu harus sabar karena harus memasukkan benih yang sangat kecil kedalam lubang yang disediakan, selain itu para siswa juga harus mengontrol air setiap hari supaya media tidak kering,’ tuturnya”. Kagiatan yang dilakukan siswa tidak hanya melatih skill dan pengetahuan siswa tentang hidroponik, tetapi mampu membentuk karakter siswa khususnya sabar dan tanggung jawab.  Chesta mengatakan bahwa kegiatan bercocok tanam harus telaten dan sabar agar bisa sampai panen.
            Ustdh Aniqotul selaku Kepala Sekolah mengatakan bahwa Kegiatan hidroponik ini selalu melahirkan generasi penerus penggiat hidroponik setiap tahunnya, semoga lingkungan sekolah semakin hijau dan mampu membangun karakter siswa menjadi lebih baik.( Imam Syaroni )

Posting Komentar

0 Komentar