PEDULI PENGHIJAUAN, PRAMUKA INSAN KAMIL SIDOARJO TANAM 100 POHON DI BUMI PERKEMAHAN

Dok. Siswa SMPIT Insan Kamil melakukan penanaman pohon di bumi perkemahan tanjek wagir krembung sidoarjo

Sedikit bicara banyak bekerja, sedikit bicara banyak berkarya itulah semangat yang ditanamkan kepada siswa  SMPIT Insan Kamil Sidoarjo dalam kegiatan Kemah Ukhuwah di Bumi Perkemahan tanggal 29, 30, 31 Januari 2020 di Tanjek Wager krembung Sidoarjo. Dalam sambutanya Ust. Choirul Anam selaku ketua JSIT ( Jaringan sekolah Islam Terpadu ) Sidoarjo menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk mendukung program dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Merdeka Belajar, maka siswa harus mampu berfikir kiritis dalam pembelajaran, bekerja sama dengan lingkungan, bertanggung jawab, dan disiplin. “ Siswa jangan gampang mengeluh, dan harus banyak karya”, tambahya.

kemah ukhuwah ini melibatkan sekitar 200 siswa yang terdiri dari siswa putra dan putri kelas 7 dan 8 dengan design kegiatan yang mampu memunculkan 4 tujuan pembelajaran yaitu pengetahuan, ketrampilan, pengalaman, dan nilai hikmah. Untuk melatih kemandirian setiap kelompok wajib menentukan dan menyiapkan seluruh perlengkapan yang dibawa untuk  kegiatan disana selama tiga hari, termasuk kebutuhan makan. Pengetahuan kepramukaan siswa diuji ketika kegiatan penjelajahan, 6 pos harus dilewati dengan berbagai aktivitas diantaranya memecahkan sandi kotak, sesmograf, menaksir ketinggian, dan latihan PBB.
Keseruan semakin nampak ketika siswa melakukan kegiatan game ketangkasan, ada human Leader, voly sarung, merayap, dan  tick-tack-toe, “ ayo cepat,,,cepat,,,jangan sampai kalah, “ seru haikal”. Nilai hikmah juga ditanamkan kepada siswa dengan melakukan aktivitas penghijaun dengan menanam -+ 100 pohon rindang dan buah di area sekitar Bumi Perkemahan.  kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Pramuka terhadap lingkungan dan sebagai amal jariah terhadap bumi,” ungkap Kak Syamsul”, selaku pembina pramuka hari itu.
Kagiatan diakhiri dengan sisir semut dengan mengambil semua sampah sisa kegiatan di area sekitar. Zero Waste selalu kita gaungkan dalam setiap kegiatan termasuk kegiatan PRAMUKA,” ungkap Kak Imam”.

Posting Komentar

0 Komentar