QUICK WIN ( KEMENANGAN YANG CEPAT )

QUICK WIN
( KEMENANGAN YANG CEPAT )
Ustdh ITA Pendiri SMK WIKRAMA BOGOR

Oleh : Imam Syaroni, S.Pd.I
MALANG – Suara yang lemah lembut namun penuh semangat dan ketegasan , tak jarang pula terlihat matanya berkaca-kaca dan disertai senyum merekah terlihat dari wajah Ustadzah ITA, Sapaan dari seorang wanita hebat Pendiri SMK WIKRAMA BOGOR ketika memaparkan program sekolah di depan para pimpinan sekolah di Gedung Meeting Al-Hikmah Batu Malang. Sekolah yang diawali dari sebuah garasi ini, sekarang muncul dan berkembang menjadi SMk yang terefisien sekaligus terbaik sehingga banyak mendapat penghargaan dan pengakuan dari dalam maupun luar negeri.
            SMK Wikrama Bogor merupakan sekolah yang mempunyai lulusan sebagai penyalur pekerja terbanyak di Indonesia dari seluruh SMK yang ada. Perusahaan banyak mengantri untuk bekerja sama, mereka mengatakan bahwa “ Alumni Wikrama memiliki karakter dan akhlaq yang lebih baik dari sekolah pada umumnya “.
            SMK WIKRAMA BOGOR bukan sekolah yang berlabel islam, namun karakter islami yang dimiliki para siswa di sana jauh lebih menonjol dari sekolah islam pada umumnya. Dalam penjelasanya beliau mengatakan bahwa program yang menjadi unggulan adalah QUICK WIN ( Kemenangan yang cepat ) yaitu berawal dari program kecil untuk menuju program yang besar. Apa itu QUICK WIN ?

            QUICK WIN yang artinya kemenangan yang cepat adalah suatu program yang mempunyai ciri-ciri diantaranya ;
1.      Kecil
2.      Mudah
3.      Terlihat Hasil
4.      Besar dampaknya
5.      Berkelanjutan ( diikuti oleh perubahan lainya )
6.      Dilakukan oleh semua fihak
7.      Dirayakan bersama
Untuk penjelasan detailnya mungkin bisa menghadirkan beliau secara langsung, di sini saya akan menjelaskan secara garis besar dari program ini. Seperti point nomer satu yaitu kecil, maksudnya adalah semua program dilakukan dari hal-hal kecil dan dilakukan secara cepat, disegerakan, dan tidak menunda-nunda waktunya.
Contoh konkrit dalam prakteknya adalah SMK WIRAMA mempunyai program “ JAGALAH WUDHU “, maka semua element sekolah dari guru, wali kelas, kepala sekolah, para waka membahas tentang wadhu, bahkan sarana dan prasarana juga harus mengikuti. Tidak hanya sekedar wudhu tetapi siswa harus benar-benar memahami mulai dari dalil yang menyangkut tentang wudhu, bagaimana gerakan yg benar sesuai dengan syariat sehingga benar-benar mampu melakukan secara sempurna, dan harus integrasi dengan Mapel seperti IPA yaitu membahas tentang efek air wudhu pada kesehatan kulit, pada Mapel IPS membahas tentang kenapa berwudhu harus hemat yang dihubungkan dengan kehidupn sosial. Selanjutnya adalah monitoring program yang dimasukkan dalam data base yang bisa diakses oleh para guru, yang isinya adalah berapa siswa yang sudah tintas dalam program wudhu dan berapa siswa yang masih belum.
Beberapa program unggulan selain Data Base yang terpusat adalah program Speak Out yaitu setiap guru mempunyai asisten guru mapel dan asisten mengajar dari siswa. Program ini memberikan kesempatan bagi siswa yang menonjol dalam mapel tersebut untuk mengajar siswa lainya di kelas sehingga mampu menumbuhkan kepercayaan diri pada siswa. Selanjutnya adalah setiap program yang dijalankan wajib untuk di demokan kepada siswa lain, keluarga, dan masyarakat sekitar sehinnga menjadi program yang berkelanjutan dan berdampak pada sesama.
Sangat panjang jika harus dijelaskan semua, sangat perlu jika sekolah kita juga bisa belajar dan bekerja sama dengan mereka. Ada beberapa catatan penting yang saya tuliskan di sini dari pemateri dan Ust Kadir untuk membangkitkan motivasi dalam diri kita.
1.      Atasi segala keterbatasan dengan kreativitas
2.      Untuk menjadi pemimpin harus tau apa yang dilakukan utuk menjadi pemimpin
3.      Hiduplah sederhana karena sesungguhnya hidup teidak kekal
4.      Dalam pendidikan harus ada pembelajaran kesengsaraan dan mampu beradatpasi dengan perubahan
5.      Tidur saja harus suci, Apalagi mencari ilmu.
6.      Ide-ide muncul ketika sholat tahajud
Demikian sedikit tulisan yang bisa kami berikan, tentunya sangat banyak kekurangan, semoga bisa bermanfaat. Ammin
            

Posting Komentar

0 Komentar