RAKER UMMI SIDOARJO

Masjid Al-Karomah, 10 Maret 2019, Pembukaan raker diawali dengan tadarrus bersama dan dilanjutkan penyampaian materi yang akan dibahas dalam raker. Beberapa point yang disampaikan ust nurul selaku pimpinan rapat diantaranya :
  • 1.      Program Ummi Sidoarjo
  • 2.      Standarisasi Pengajaran dan penilaian
  • 3.      Metodologi pengajaran Tahsin
  • 4.      Hasil lulusan Tahsin

Dari ke-empat point di atas, dapat kami simpulkan melalui rapat yang telah disampaikan bahwa semua pengurus dan trainer wajib memahami target dasar dalam pengajaran tahsin.
TARGET DASAR TAHSIN
  •           Mampu mengantarkan peserta tahsin LULUS tashih
  •           Mampu mengantarkan peserta tahsin mempunyai bacaan yang baik ( Mujawawwad )
  •          Pengajar Tahsin mengajar sesuai dengan metodologi pengajara
  •           Mampu mengatarkan peserta tahsin memahami metodologi pengajaran melalui cara mengajar trainer, sehingga waktu sertivikasi sudah clik
  •          Peserta tahsin mampu menguasai bacaan ghorib dengan baikbeserta komentarnya
  •           Peserta tahsin mampu memahami hukum-hukum tajwid dan menguraikanya serta hafal komentarnya.

PROGRAM TAHSIN
  •  Program 50 jam = Lulus jilid 3 & 4 = 20 kali tatap muka
  •   Program 30 jam = Lulus jilid 1 & 2 = 12 kali tatap muka
  •  Program 80 jam = Kemarin belum sempat dijelaskan
  • 1 Tatap Muka = 2, 5 jam
Dalam rapat kali ini juga dikuatkan lagi tentang target-target pencapaian dalam setiap jilid diantaranya :

JILID 1 :
  • -          Pengajar wajib melakukan penguatan dalam setiap huruf yang diajarkan khususnya dihalaman terakhir 38, 39, dan 40.
  • -          Penguatan terhadap huruf-huruf isti’la’.
JILID 2 :
  • Hampir sama dengan jilid satu, Cuma pengajar harus teliti terhadap  huruf isti’la yang berkharokat kasrah dan dhommah. Pastikan peserta tahsin menguasai dengan maksimal.
JILID 3 :
  • -          Penguatan bacaan mad = 1 ayunan
  • -          Penguatan lagu pada halaman 12
  • -          Lahnul khofi

JILID 4 :
  • -          Penekanan pada bacaan yang di sukun
  • -          Bacaan yang di sukun tidak boleh di sentek lebih kepada sifat tawassuthnya
  • -          Mim sukun ketika waqaf tidak tergesa-gesa untuk berhenti dan menyempurnakan sifat hurufnya,

JILID 5 :
  • -          Ibarat tangga sudah agak tinggi, maka pengajar wajib lebih teliti.
  • -          Pembelajaran ikhfa’ harus lebih teliti antara huruf yang melekat dan guruf yang tidak melekat
  • -          Pemberian tugas 5 juz untuk program 30 jam dan 3 juz untuk program 50 jam

JILID 6 :
  • -          Jilid 6 hampir sama pengajaranya dengan jilid 5.

Al-Qur’an  :
  • -          Semua yang diajarkan dari jilid 1 sampai jilid 6, diharapkan semua sudah mampu diterapkan dalam praktek pembelajaran Al-Qur’an.

GHORIB & TAJWID :
  • -          Fokus pada hasil bacaan yang baik
  • -          Komentar wajib dihafalkan ( boleh dihafalkan dirumah )
  • -          Prosentasi bacaan dengan komentar adalah 100 : 80
  • -          Cara membaca komentar ghori ( Dibaca ayatnya – disebutkan komentarnya )
  • -          Cara membaca tajwid ( hafalan komentar – urai ayat )

CATATAN

  1. -          Dalam pengajaran tahsin, tehnik yang digunakan dama dengan metodologi , diharapkan peserta tahsin mampu cepat beradaptasi dalam pembelajaran waktu sertifikasi.
  2. -          Pembelajaran tahsin dilengkapi peraga
  3. -          Pembentukan kelas kursus untuk jilid 2
  4. -          Lahnul jali = Berubahnya huruf sehingga mempengaruhi makna dan orang tidak ahli Qur’an pun bisa menebak kalau itu salah.
  5. -          Lahnul Khofi = Ada kesalahan seorang qori’ dan bisa disalahkan hanya orang ahli qur’an seperti salah makhroj.
  6. Mohon maaf jika ada kekurangan, mohon dikoreksi dan penambahan apabila ada kekurangan.



Penulis.
Alfaqir
Imam syaroni


Posting Komentar

0 Komentar