“PEMBENTUKAN KARAKTER 30 MENIT, MENJADI SISWA YANG DIRINDUKAN SYURGA “


MORNING ACTIVITY
            Sepenggal kata motivasi untuk kita : “ Mentari pagi menebarkan sinarnya, seolah ingin menunjukkan dirinya untuk  memberi semangat bagi seluruh penghuni semesta, mari sambut dengan suka cita, menjalani aktivitas penuh dengan suasana bahagia “. Pagi hari merupakan waktu yang sangat baik untuk memulai segala aktivitas, selain tubuh yang fresh setelah istirahat malam, hawa sejuk di pagi hari juga semakin menambah daya bakar ion – ion untuk memacu adrenalin dalam tubuh.
            Student’s pladge....Asyhadualla ilahaillahhah....terdengar gemuruh suara lantang di setiap lorong kelas. Ya...ikrar pagi merupakan aktivitas rutin sebelum siswa masuk kelas sebagai pemacu motivasi pagi sebelum mengarungi sebagian waktunya untuk belajar di sekolah dan dilanjutkan salaman bersama antar teman untuk merekatkan ukhuwah sekaligus sebagai SOP sekolah yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun.
Morning Activity adalah salah satu program unggulan dari SMPIT Insan kamil untuk menanamkan dan membentuk karakter pada siswa. Waktu yang disediakan untuk program ini adalah 30 menit yang di isi dengan beberapa aktivitas diantaranya : Ikrar siswa ( dengan bahasa arab dan inggris ), bersalaman antar siswa, murojaah Al-Qur’an, literasi ( menulis, membaca, mendengarkan, bercerita, dll. ), evaluasi ibadah, dan taujih walas. Dengan waktu yang sedikit dan banyaknya kegiatan, maka setiap guru khususnya wali kelas dituntut untuk mampu memaksimalkan setiap waktu yang ada agar semua kegiatan mampu dilaksanakan.
Aktivitas pertama : IKRAR SISWA. Kegiatan ini merupakan kegiaatan yang dilakukan setiap pagi sebelum masuk kelas. Ikrar siswa di pimpin oleh salah satu siswa untuk mengatur barisan sampai benar-benar lurus dan rapi sesuai dengan SOP yang sudah dipelajari di KODIKMAR Surabaya dan siswa lain harus mempunyai kepekaan dan kepatuhan dalam menerima instruksi, dan setelah itu dilanjutkan dengan bersalaman antar siswa menuju kelas. kegiatan ini mampu membentuk karakter leadership, disiplin, kepekaan dan empaty pada siswa

Aktivitas ke-dua : MUROJA’AH PAGI. Quality Assurace yang ditetapkan sekolah adalah siswa mampu hafal Al-Qur’an minimal 5 juz selama 3 tahun, tidak sekedar hafal tetapi mampu membaca dengan tartil dan hafal secara mutqin, oleh karena itu setiap sesi pagi setelah ikrar, siswa muroja’ah hafalan yang sudah dihafal dan dipimpin oleh seorang ustadz untuk mendampuinginya. Kegiatan ini mampu membentuk karakter siswa untuk cinta terhadap Al-Qur’an.
Aktivitas ke-tiga : LITERASI. Sebuah filosofi mengatakan bahwa “ orang cerdas itu memeiliki literasi yang baik “,program literasi sangat di gaung-gaungkan di sini, program ini sudah dilakukan dengan sangat tersistem mulai dari pembelajaran menulis, membaca, menuangkan sebuah ide, dan mengungkapkan sebuah gagasan bahkan ada yang sudah mampu menuliskan sebuah artikel dan opini, dengan program ini diharapkan mampu mengambangkan wawasan pada semua siswa.
Aktivitas ke-empat : EVALUASI IBADAH. Ibadah adalah sebuah tuntutan bagi setiap umat muslim yang taat sebagai syarat untuk memantaskan dirinya untuk mendapatkan reward SURGA dan RIDHO dari ALLAH. Maka setiap siswa di ajarkan untuk mampu menjadi muslim yang taat dan baik yaitu dengan melaksanakan amalan yaumiyya wajib dan sunnah diantaranya : sholat wajib berjamaah di masjid, sholat sunnah qobliyah, bakdiyah, sholat tahajjud, sholat dhuha. Ibadah harian tersebut di kontrol setiap hari oleh wali kelas untuk memastikan seluruh siswa sudah melaksanakan terget ibadah yang sudah diberikan. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadikan siswa mempunyai karakter dalam melaksanakan ibadah karena Allah dan mampu istiqomah.
Aktivitas ke-lima : TAUJIH WALAH. Kegiatan ini adaalah sebagai bentuk motivasi pagi wali kelas kepada siswa untuk membangkitkan seluruh semanagt siswa agar mampu menjalaani aktivitas pembelajaran dengan senang danLillah.
Dengan dilaksanakan kegiatan ini secara kontinyu dan dilakukan ber-ulang maka secara teori akan mampu menjadi sebuah pembiasaan dan terbentuk terbentuk sebuah karakter yang pada akhirnya akan membudaya pada seluruh siswa. Semoga seluruh siswa yang berada di lingkungan Insan Kamil menjadi siswa-siswa yang di rindukan syurga.

Penulis
Alfaqir

Imam SYaroni

Posting Komentar

2 Komentar

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)