MUNAZHZHAMUN FI SYU'UNIHI ( Kepatuhan Melahirkan Keteraturan )


Bismillahirrahmanirrahim.

Sebuah ungkapan yang sangat mashur yaitu “"Kebenaran yang tak terorganisir akan dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisir."
Dalam segi bahasa منظم berarti : Teratur, rapi, sistematis dan شأن berarti urusan, bisnis, kebutuhan, kedudukan. Munazhzhaman fi syuunihi termasuk kepribadian seorang muslim yang ditekankan oleh Al Qur’an maupun sunnah. Dimana segala suatu urusan mesti dikerjakan secara profesional. Apapun yang dikerjakan, profesionalisme selalu diperhatikan. Bersungguh-sungguh, bersemangat , berkorban, berkelanjutan dan berbasis ilmu pengetahuan merupakan hal-hal yang mesti mendapat perhatian serius dalam penunaian tugas-tugas. Oleh karena itu dalam hukum Islam, baik yang terkait dengan masalah ubudiyah maupun muamalah harus diselesaikan dan dilaksanakan dengan baik. firman Allah berikut ini:
إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلَّذِينَ يُقَٰتِلُونَ فِى سَبِيلِهِۦ صَفًّا كَأَنَّهُم بُنْيَٰنٌ مَّرْصُوصٌ
“Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti bangunan yang tersusun kokoh. (Q.S. Ash-Shaff: 4) “
Menurut al-Qurtubi adalah menyuruh masuk dalam sebuah barisan organisasi supaya terdapat keteraturan untuk mencapai tujuan. Subhanallah, betapa Allah menyukai segala sesuatu yang teratur, Berikut beberapa firman Allah tentang keteraturan
Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.
(Qur'an Surat Al-Anbyaa' : 33 [21:33])
Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.
(Qur'an Surat Yasin : 40 [36:40])
Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.
(Qur'an Surat Ibrahim : 33 [14:33])
Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian Allah Tuhanmu, kepunyaan-Nyalah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari.
(Qur'an Surat Faathir : 13 [35:13])

Peradaran itu mempunyai masa waktu yang tepat sehingga tidak terjadi perbenturan satu sama lain.Keteraturan ciptaan Allah ini adalah implementasi dari ketundukkan dan kepatuhannya kepada sang pencipta yakni Allah SWT.Dan Ketundukan dan kepatuhan ini diciptakan Allah hanya untuk manusia, sshingga kesimpulan akhirnya adalah KEPATUHAN MELAHIRKAN KETERATURAN.

Wassalam.
semoga bermanfaat.

NB.Dokumentasinya hanya gambar makan-makan 😊😊

#salamliterasi
#halaqoh
#muwasfofaat

Posting Komentar

0 Komentar