KEMBANGKAN WAWASAN KUASAI MASA DEPAN



Literasi sedang digaung2kan oleh pemerintah untuk dilakukan oleh instansi pendidikan dalam upaya mengembangkan wawasan bagi peserta didik secara keseluruhan, SMP IT Insan Kamil menerapkan Program tersebut untuk pengembangan wawasan siswa, gambar dibawah ini adalah Morning Activity setiap pagi. Tetapi yang menjadi pertanyaan bagaimana cara melakukanya ???
Dalam setiap diskusi ringan yang membahas tentang sebuah tulisan atau pelatihan2 yang diadakan untuk pengembangam literasi, setiap pemateri selalu mengatakan " tulislah apapun yang ingin kamu tulis ", namun bagi kita yang awam selalu berfikir keras bagaimana mengaplikasikan kata2 tersebut.
Dari sinilah saya memulai untuk belajar menuangkan coretan2 ringan dari apa yang saya lihat, fikirkan, dan renungkan karena termotivasi oleh kata2 diatas. Pertama kali sih saya post FB, dan instagram, karena saya anggap disinilah aku bisa menerbitkan karya tulis terbaik menurut saya pribadi tanpa memberikan ongkos bayaran.
Hari demi hari berlalu, Singkat cerita akhirnya gayung bersambut seperti anak itik yang menemukan induknya, saya dipertemukan dg wartawan jawa post dalam sebuah acara pelatihan, kami bercakap2 agak serius tentunya berbicara tentang bagaimana cara menulis yang baik dan bisa tembus media cetak, Alhasil jawaban yg saya terima ternyata sama saja " tulislah apa saja yg ada difikiran anda ", kecewa sih tapi tidak masalah karena saya yakin itu memang jawaban terbaik dan saya harus memecahkan teka tekinya,,,,ups kok kayak jumanji.
Pagi hari yg segar dan diwaktu yg lengang, saya menuliskan sebuah tulisan yg sederhana dan iseng2 saya kirim tulisan tersebut pada Mas Uzi wartawan jawa post yg baru saya kenal, eh,,,,ternyata tanpa dinyana besok tulisan tersebut dimuat di jawa post di halaman southmetro dg judul artikel MEMBANGUN KARAKTER DENGAN BERCOCOK TANAM. Senaang bercampur bangga dan dari sinilah mindset saya berbalik 180 derajat dan berani mengatakan bahwa MENULIS ITU MUDAH.
Perjalanan selanjutnya, saya lebih sering untuk menulis, menulis, dan menulis, tetapi ada hal baru yg saya dapati yaitu untuk menghasilkan tulisan yg bagus harus mempunyai wawasan dan pengalaman yg banyak dan itu bisa didapat dengan cara MEMBACA, So kalau inging Menulis jangan lupa membaca,,,,,he2.
Maunya nulis terus tapi capek ngetiknya

Posting Komentar

0 Komentar