PENDIDIKAAN KARAKTER By Havizh 7.2


Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi dunia katena dunia butuh orang orang yang berpendidikan agar dapat membangun negara yang maju. Tapi selain itu karakter pun sangat diutamakan karena orang orang pada zaman ini tidak hanya melihat pada betapa tinginnya gelar yang ia telah raih melainkan juga pada karakter dari pribadi dari setiap orang.
Proses pendidikan disekolah masih banyak yang mementingkan aspek kognitifnya ketimbang psikomotriknya, masih banyak guru guru di setiap sekolah yang haanya asal mengajar saja supaya terlihat formalitasnya tanpa mengajarkan etika etikanya yang baik yang harus dilakukan. Didalam buku dengan kecerdasan ganda (Mutiple Intelligences), Daniel Goleman menjelaskan kepada kita bahwa emosional dalam sosial dalam kehidupan membutuhkan 80% sementara kecerdasan intelektual hanya 20% saja. Maka hal inilah maka pendidikan karakter diperlukan untuk membangun kebidupan yang lebih baik dan beradab bukan kehidupan yang justru dipenuhi dengan perilaku biadab.
Maka terpikirlah oleh para cerdik pandai tentang apa yang dikenal tentang pendidikan karakter (character education). Banyak pilarkarakter yang harus kita tanamkan kepada anak anak penerus bangsa, diantaranya adalah kejujuran, kejujuran adalah hal yang penting dan yang paling pertama yang harus kita tanamkan pada diri kita dan anak anak penerus bangsa karena kejujuran adalah benteng dari semuanya, contoh berbuat jujur adalah jika kita melakukan kesalahan, maka segera mengakuinya. Demikian juga ada pilar tentang keadilan, karena seperti yang anda lihat, banyak sekali ketidakadilan khususnya di negara ini. Contohnya seperti membagi sama rata, setiap orang akan mendapat bagiannya. Selain itu harus ditanamkan pilarkarakter seperti rasa hormat.
Hormat kepada siapapun, contohnya adik kelas yang mempunyai rasa hormat kepada kaka kelas dan kakak kelas menyangi adik adik kelas, juga harus mempunhai rasa hormat kepada guru kita yang ada disekolah, karena mereka adalah orang tua kita yang ada disekolah. Juga orang tua kita, yang telah susah menghamili kita selama 9 bulan. begitu juga dengan teman seangkatan rasa saling menghargai harus ada dalam diri setiap murid murid agar terciptanya dunia pendidikan yang tidak ramai akan tawuran. Sekarang mulai banyak sekolah yang mengajarkan pendidikan karakter menjadi matavpelajaran khusus di sekolah tersebut. Mereka diajarkan bagaimana bersifat dengan orang tua yang ada di rumah, guru guru yang ada disekolah ataupun lingkungan makhluk hidup.
Mudah mudahan dengan diterapkannya pendidikan karakter di sekolah semua potensi kecerdasan anak anak akan dilandasi oleh karakter karakter yang dapat membawa mereka menjadi orang orang yang diharapkan sebagai penerus bangsa. Bebas dari korupsi, ketidakadilan dan lainnya. Dan makin menjadi bangsa yang berpegang teguh kepada karakter yang kuat dan beradab. Walaupun mendidik karakter tidak semudah membalikkan tangan, oleh karena itu ajarkanlah kepada anak bangsa pendidikan karakter sejak saat ini


Posting Komentar

0 Komentar