KELOLA TANGGA SEKOLAH JADI LAHAN PERKEBUNAN HIDROPONIK


Tangga sekolah yang menjadi akses jalan siswa menuju kelas yang biasanya hanya berupa tiang dan keramik kini menjadi tampak lebih indah, hijau dan asri. Sempitnya lahan perkotaan karena banyaknya bangunan tidak menyurutkan tekad para guru dan siswa dalam berkreativitas, buktinya lahan seluas 1 X 3 M yang berada di tangga sekolah mampu disulap menjadi lahan perkebunan dengan sistem hidroponik untuk ditanami beberapa sayuran diantaranya sawi, selada, kangkung, dan bayam.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program penghijauan yang dilakukan sekolah dalam rangka menuju sekolah Adhiwiyata. Imam Syaroni selaku guru prakarya mengatakan bahwa kegiatan ini tidak sekedar bercocok tanam saja melainkan mampu membentuk karakter para siswa. Tiap hari siswa mengecek ukuran air, jika berkurang maka harus menambahi lagi, tidak hanya itu siswa juga diharuskan mengukur kadar keasaman dan partikel  yang terkandung dalam air melalui alat yang sudah di sediakan agar sayur yang ditanam bisa tumbuh dengan segar dan sehat, dengan begitu siswa memiliki sikap tanggung jawab, ketelitian, dan kesabaran  terhadap tugas yang sudah diberikan.
Hari ini kita panen “ ungkap mario “ siswa yang menjadi duta lingkungan di sekolah. Hasil panen sayuran biasanya dikelola oleh siswa dengan di jual kepada wali murid atau diolah menjadi minuman dan makanan sehat berupa juz dan mie sehat. Kreasi makanan dan minuman sehat yang dibuat para siswa tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen di sekolah khususnya para wali murid, sehingga produk yang dijual selalu sold out. Zaman sekarang dibutuhkan kreativitas yang tinggi dalam mengembangkan suatu karya, dan itu bisa dibuktikan siswa dengan menglola tangga sekolah menjadi lahan perkebunan. Semoga kreativitas para siswa ini, kedepanya mampu menjadi membantu negara dalam swasembada pangan khususnya sektor pertanian, “ ungkap Ustdh Aniqotul “ selaku kepala sekolah.

Report by :

Imam Syaroni, S.Pd.I

                

Posting Komentar

0 Komentar