MANFAAT SILLATURRAHIM By Farid 7.2


Dalam sebuah hasdist rasulullah bersabda: barang siapa ingin di panjangkan umurnya dan diperbanyak rezekinya hendaklah ia bersilaturrahmi.
Agama islam tidak hanya berisi hubungan dengan Allah ( habirumminallah ) tetapi juga hubungan dengan sesama manusia ( habirummminannas ). Contoh ibadah yang berhubungan dengan Allah adalah shalat, mengaji, berhaji, puasa, dan lain lain. Contoh hubungn dengan manusia adalah salah satunya dengan bersilaturrahmi, bergotong royong, dan membantu sesama.
Adapun manfaat bersliaturrahmi adalah sebagai berikut:
1.      Dipanjangkan umurnya
Umur adalah misteri Allah. Kita tidak akan penah tahu umur manusia. Dengan bersilaturrahmi menurut hadist ini umurnya akan diperpanjang. Seperti misal ada orang yang sedang sakit. Sakit yang parah dan susah sekali untuk disembuhkan. Namun orang ini bersilaturrahmi dengan temanya. Ia diberitahu suatu obat oleh temanya. Atas izin Allah semua sakitnya hilang. Jadi bisa saja Allah menurunkan pertolongannya lewat silaturrahmi ini.
2.      Diperluas rezekinya.
Ada beberapa hal yang kitak tidak tahu dalam hidup ini, yaitu umur, rezeki, dan juga jodoh. Silaturrahmi bisa memperluas rezeki. Misalnya ada seorang yang menganggur, tidak punya pekerjaan. Dia bersilaturrahmi pada temanya. Dan temanya memberi tahukan bahwa ada lowongan bekerja di suatu tempat. Akhirnya dia bisa mendapatkan pekerjaan. Namun, rizki adalah bukan hanya berbicara soal uang belaka. Bahkan ilmu, bertemu dengan teman baru adalah hal yang layak untuk disebut sebagai rizki. 

Kisah tentang keajaiban bersilaturrahmi:
Pada suatu hari seorang pemuda dari Arab bernama Rakfat menderita sakit yang parah. Dokter memfonis dia terkena kanker hati. Seluruh dokter di Arab telah dikunjunginya. Seluruh obat telah dia minum. Namun ada apa gerangan, dia tak kunjung sembuh. Suatu ketika dia bertemu dengan seseorang yang tak dikenalinya. Orang itu menganjurkan dirinya agar segera berobat kenegeri Cina. Diasna ada obat yang mujarab, serta dokter yang ahli.
Tanpa harus diberi penjelasan dua kali dia langsung mempersiapkan segalanya untuk menuju negeri Cina. Dia adalah orang kaya, apapun akan dia lakukan untuk sembuh. Sesampainya di Cina, dia mencari dokter yang dikatakan orang asing itu. Setelah menemukanya Rakfat meluapkan keluh kesahnya, seluruh keluhannya, dan apa yang dirasakannya hingga harus ke Cina. 
Benar saja ternyata kankernya itu telah sampai pada tingkatan paling parah. Dokter mewajibkan dia agar segera di operasi. Tapi jika gagal efeknya akan fatal. Rakfat mau. Namun sebelum itu, dia ingin kembali ke Arab. Dokter tentunya berusaha menjelaskan agar sesegera mungkin dia doperasi. Rakfat bertanya berapa kiranya umur yang masih tersisa. Dokter hanya berkata 2 hari. Baiklah dengan dua hari itu dia akan kembali ke Arab.
Dia telah sampai di tanah airnya. Rakfat segera menemui seluru orang yang dikenalnya. Bersilaturrahmi, sekaligus memberitakan berita buruknya itu. Mereka merasa simpati terhadapnya. Rakfat tak bisa berlama – lama, umur menantinya.
Rakfat bersiap kembali ke Cina setelah 2 hari. Dalam perjalanan ke bandara, dia bertemu seseorang yanf sepertinya mencari sesuatu. Dia menyuruh sopirnya untuk berhenti. Dan bertanya berusaha membantu orang itu. Ternyata dia mencari daging untuk dimakan anak – anaknya. Rakfat membelikannya 2 kilo daging untuk dia bawa pulang sekaligus memesan pada penjual aga memerikan 2 kilo daging setiap harinya selama 1 tahun pada orang ini. Orang iru bergembira dan tentunya berterimakasih bantak.
Dia kembali melanjutkan perjalananya. Sesampainya di Cina, dia telah siap untuk dioperasi. Namun dokter menatap sesuatu yang ganjil. Setelah di chek up hasilnya negatif Rakfat dinyatakan sembuh total. Betapa tidak herannya dokter. Rakfat menceritakan semuanya kebada dokter itu. Dokter berdecak kagum.

SUBAHANALLAH

Posting Komentar

0 Komentar